20130612

My Think : Anime - Little Busters! (Ritoru Basutāzu!)



Little Busters! (Ritoru Basutāzu!)







 

Cerita ini berawal dari lima orang yang sudah berteman sejak kecil. Mereka menamakan diri sebagai Litte Busters! yang diketuai oleh Kyousuke Natsume [ 恭介] (Natsume Kyōsuke)—ia sering memiliki ide yang aneh dan prediksinya sering kali tepat, tapi selalu saja anggotanya mau mengikuti ide anehnya, intinya ia memiliki jiwa pemimpin!—.

**Kyousuke Natsume [ 恭介] (Natsume Kyōsuke) –Voiced by: Hikaru Midorikawa, Yū Kamonomiya (young)—


 
 
 

Litte Busters! terdiri dari Rin Natsume [ ](Natsume Rin)—adik Kyosuke yang pemalu dan sulit beradaptasi, ia memiliki banyak peliharaan kucing—, Riki Naoe [直枝 理樹](Naoe Riki)—penderita Narkolepsi yang kehilangan orang tuanya sejak kecil, ia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain—, Kengo Miyazawa [宮沢 謙吾](Miyazawa Kengo)—pemain kendo yang selalu mengenakan pakaian tradisional—, yang terakhir Masato Inohara [井ノ原 真人](Inohara Masato)—dia memiliki badan yang berotot dan kemampuan berpikir yang dibawah standar, bisa dibilang dia itu bodoh—.
http://yuki-13.blogspot.com/

** Rin Natsume [ ] (Natsume Rin) –Voiced by: Tomoe Tamiyasu










** Riki Naoe [直枝 理樹] (Naoe Riki)Voiced by: , Yui Horie






** Kengo Miyazawa [宮沢 謙吾] (Miyazawa Kengo) –Voiced by: Yūsei Oda, Yū Kamonomiya (young)—





** Masato Inohara [井ノ原 真人] (Inohara Masato) –Voiced by: Nobutoshi Canna


Ketika mengikuti episode pertama terkesan membosankan, dengan adegan sekolah yang damai dan tenang, pertarungan dengan peraturan ‘peserta hanya boleh bertarung dengan benda yang dilemparkan oleh penonton’, dan beberapa hal yang membosankan lainnya. Tapi, ketika melanjutkan menonton anime ini, kesan yang di dapatpun berubah.
http://yuki-13.blogspot.com/

Kyousuke yang sudah kelas tiga dan akan meninggalkan sekolah setelah dia lulus, membuat Riki berpikir untuk melakukan kegiatan bersama-sama seperti yang mereka pernah lakukan ketika masih kecil. Dengan segera Kyousuke mengusulkan untuk membentuk tim baseball dengan nama ‘Litte Busters!’. Entah darimana ide itu berasal.





Hanya Kengo yang tidak setuju dengan pemikiran Kyousuke, karena dia akan mengikuti pertandingan. Dan dengan yakinnya Kyousuke mengatakan kalau Kengo nanti akan berubah pikiran dan membiarkan Kengo pergi.

Masalah awalnya adalah mereka kekurangan anggota untuk bermain baseball. Rin diutus untuk merekrut anggota lainnya namun karena sifatnya yang pemalu, maka dia gagal mendapatkan satu anggota pun.

Komari Kamikita [神北 小毬](Kamikita Komari). Dia adalah orang pertama yang berhasil direkrut oleh Riki sebagai anggota. Komari sering berada di atap sekolah—ia menyebut tempat itu sebagai ‘tempat yang paling dekat dengan langit— dan suka memakan makanan manis. Teori siklus bahagianya adalah ‘Jika orang senang, maka aku akan senang. Jika aku senang, maka orang lain pun akan senang’.

** Komari Kamikita [神北 小毬] (Kamikita Komari) –Voiced by: Natsumi Yanase




Rahasianya mulai terungkap ketika ia bercerita tentang kakak yang selalu ditemuinya di dalam mimpi. Ia memerlihatkan sebuah buku cerita bergambar yang dibuat oleh seseorang bernama Takuya Kamikita—yang ia yakini sebagai kakaknya—.

Riki yang penasaran mulai mencari tahu tentang itu, hingga akhirnya ia mengetahui kebenaran di balik hilangnya ingatan Komari tentang kakaknya dan mengapa ia menganggap kakaknya hanya bagian dari mimpi. Pada bagian ini, aku terseret dalam duka Komari, cukup mengharukan. Dan untungnya Komari berhasil bangkit dari keterpurukannya atas dorongan dari Riki.
http://yuki-13.blogspot.com/






Setelah keberhasilannya merekrut Komari, Riki mulai mencari anggota tim yang lainnya. Yuiko Kurugaya [来ヶ谷 唯湖](Kurugaya Yuiko)—murid pandai khususnya dalam matematika, ia satu kelas dengan Riki, ia jarang berada di kelas dan lebih suka meminum teh di bawah pohon, dia memiliki ketertarikan terhadap perempuan yang imut—menjadi anggota berikutnya. Dia terlihat seperti seorang kakak perempuan, dan dipanggil ‘Anego’(姉御, "elder sister") oleh Haruka. Yuiko lahir di luar Jepang, namun dia seluruhnya tetaplah orang Jepang.

** Yuiko Kurugaya [来ヶ谷 唯湖] (Kurugaya Yuiko) –Voiced by: Ryōko Tanaka—




Mio Nishizono [西園 美魚](Nishizono Mio), ‘batu di pinggiran jalan’ adalah julukannya di kelas, tidak ada yang menyadari kehadirannya. Gadis yang selalu membawa payung kemanapun itu membuat Riki ingin mengajaknya bergabung di dalam tim. Berkali-kali ia mengajaknya, namun selalu ditolak oleh Mio.

Sebuah tanka favorit Mio membuat Riki menyadari keinginan Mio untuk menghilang seperti burung putih di antara birunya langit dan laut. Ingatan Riki tentang Mio mulai memudar ketika Midori [美鳥]—bayangan Mio yang memiliki eksistensi di dunia akibat kepercayaan Mio akan keberadaanya—Mio menyebutnya sebagai adik— menggantikan posisi Mio di sekolah, dan orang-orang menganggap Midori adalah Mio.
http://yuki-13.blogspot.com/

Dengan sekuat tenaga Riki mencoba agar kenangannya tentang Mio tidak menghilang sehingga Mio tidak bisa menjadi ‘burung putih’, dan menyadarkan gadis itu bahwa masih ada yang mengingatnya. Akhirnya, Mio menjadi manager untuk tim baseball Litte Busters!.

** Mio Nishizono [西園 美魚] (Nishizono Mio) –Voiced by: Yuiko Tatsumi




Haruka Saigusa [三枝 葉留佳](Saigusa Haruka). Anak jahil yang sering ditangkap oleh Komite Kedisiplinan. Ia tidak pernah serius terhadap sesuatu, selalu datang terlambat, sering berada di kelas Riki padahal dia berbeda kelas. Selebaran yang berisikan berita tentang ‘ayahnya’ yang seorang kriminal membuatnya terpuruk. Ia menceritakan semua yang terjadi dan alasan atas sikapnya selama ini. Aku tidak habis pikir ketika mendengar tradisi yang ada di keluarga Saigusa, sungguh aneh! Dan aku tidak terima dengan hal itu.
http://yuki-13.blogspot.com/

Kanata Futaki [二木 佳奈多] (Futaki Kanata)  adalah ketua Komite Kedisiplinan yang sering memberikan hukuman terhadap Haruka ternyata adalah saudara kembarnya. Tekanan dari keluarga Saigusa dan Futaki membuat hubungan mereka berdua tidak harmonis. Setelah beberapa kejadian penuh air mata, akhirnya Haru-chin dan Kanata menemui ketiga orang tuanya.

** Haruka Saigusa [三枝 葉留佳] (Saigusa Haruka) –Voiced by: Keiko Suzuki





** Kanata Futaki [二木 佳奈多] (Futaki Kanata)  




Kudryavka Noumi [能美 クドリャフカ](Nōmi Kudoryafuka). Merupakan murid pindahan dan berumur lebih muda satu tahun dari Riki. Kud (クド Kudo) memunyai dua anjing, yaitu seekor anjing betina  Siberian Husky bernama Strelka (ストレルカ Sutoreruka) yang artinya anak panah, dan seekor anjing Schipperke kecil bernama Belka (ヴェルカ Veruka) yang artinya Putih. Meskipun ia sering berpindah dari satu Negara ke Negara lainnya, ia tidak pandai dalam berbahasa Inggris. Selama ini ia tinggal bersama kakeknya yang sangat mencintai kebudayaan Jepang. Kalimat favoritnya adalah "wafū!" (わふー wafū)
http://yuki-13.blogspot.com/

** Kudryavka Noumi [能美 クドリャフカ] (Nōmi Kudoryafuka) –Voiced by:  Naomi Wakabayashi—




Ibunya adalah seorang Kosmonaut, itulah sebabnya ia diberikan nama Kudryavka—merupakan nama salah satu anjing dari 13 anjing yang pernah melewati stratosfir—. Nama lengkap Kudryavka adalah Kudryavka Anatolyevna Strugatskaya—nama yang cukup sulit untuk diucapkan, gara-gara nama ini ia sering ditertawakan oleh orang-orang—. Wafu!



Negara Tevua—negara kelahiran Kud—menerbangkan roket, dan ibunya Kud menjadi salah satu astronot yang berada dalam roket itu. Tapi sayang, sebelum roket meluncur terjadi ledakan besar. Kudryavka mendapatkan tiket dari kedutaan untuk datang ke Negara Tevua untuk mengetahui keadaan ibunya. Kud enggan berangkat di sebabkan ketakutannya—ia selalu lari dari masalah—bahkan kedatangannya ke Jepang merupakan salah satu pelariannya—, setelah mendapat dorongan dari Riki, ia akhirnya pergi menemui ibunya.

Ni puha ni pera. Kud meminta Riki untuk mendoakannya seperti itu. Awalnya, Riki mengira itu adalah doa yang baik, namun Kanata memberi tahu artinya. ‘Ni puha ni pera’. ‘Tidak ada helai, tidak ada bulu’. “Semoga engkau pergi ke neraka dengan bulu yang terkoyak”.
http://yuki-13.blogspot.com/

Setelah peristiwa ledakan roket itu memicu pemberontakan masyarakat, terjadi kerusuhan yang tidak pandang bulu. Pemberontak itu menangkap Kud, mereka mengikat tangannya dan menggantungkannya tanpa mengenakan pakaian. Semua anggota Litte Busters! mengkhawatirkan keadaannya, semua mengharapkan agar Kud kembali ke Jepang, suara mereka terdengar oleh Kud dan membuatnya termotivasi untuk melepaskan diri. Ketika mencoba melepaskan diri, sebuah gerigi—yang awalnya dipegang oleh Riki—berada di tangannya, ia menggunakan benda itu untuk menghancurkan besi yang mengikat tangannya. Akhirnya pemberontakkan berhenti dan Kud bisa kembali ke Jepang.




Setelah ketegangan yang terjadi. Kyousuke memutuskan untuk mengadakan pertandingan perdana Litte Busters! melawan tim All Star—tim baseball yang terdiri dari kumpulan ketua tim olahraga; kapten tim sepak bola, tim bola voli, tim basket, tim tenis, tim lari, tim gimnastik, kapten tim renang, mantan kapten tim baseball, dan tim judo—. Sayangnya, Litte Busters! masih kekurangan satu anggota untuk bermain, tapi Kyousuke dengan tenangnya mengatakan kalau anggota terakhir pasti akan datang.

Akhirnya, Kengo menjadi anggota terakhir setelah ia mengalami patah tangan—yang akan sembuh lebih dari dua bulan—padahal dia akan mengikuti pertandingan kendo dua minggu yang akan datang—, ia juga di skors dari klub Kendo karena mendorong sampai jatuh pengawas klub Kendo—itu terjadi saat ia akan menolong Miyuki yang jatuh dari atap—. Untuk membuktikan pada Miyuki Koshiki [古式 みゆき] (Koshiki Miyuki)—anggota klub panah yang berbakat, namun sayang kelihangan sebelah matanya akibat penyakit— bahwa masih ada impian lain yang masih bisa dicapai, Kengo berlatih keras sebagai pemukul—hanya dengan satu tangannya—.
http://yuki-13.blogspot.com/

Selama cerita berlangsung, ada beberapa hal—yang ku sebut selain cerita utama—yang  terjadi seperti; Riki ikut dalam pesta piyama para cewek, ia bahkan didandani seperti anak perempuan, bahkan karena imutnya, Kanata –yang sedang memarahi karena mereka ribut—tidak menyadari bahwa Riki sedang menyamar.

Rin mendapatkan surat—yang diikatkan pada ekor kucing putih yang bernama Lennon (レノン Renon)—yang mengatakan padanya untuk melakukan semua tugas yang diberikan dan pengirim surat akan memberi tahu rahasia dunia. Berkat tugas itu Rin menjadi lebih terbuka dan sifat pemalunya mulai berangsur berkurang. Hingga episode terakhir tidak diketahui siapa pengirim surat—yang bisa memprediksi kejadian yang akan terjadi—itu.

Salah satu tugas membuat Rin harus berbicara dengan Sasami Sasasegawa [笹瀬川 佐々美] (Sasasegawa Sasami) –menyukai Kengo Miyazawa dan merupakan orang yang kurang akrab dengannya— untuk mengurangi mabuk cinta Aikawa. Tugas itu berhasil diselesaikan seperti tugas-tugas lainnya, menyelamatkan kantin—ketika seluruh tukang masak tidak ada—, mengadakan pertunjukan boneka—dengan dibantu komari membuat boneka untuk pertunjukan—, dll.

** Sasami Sasasegawa [笹瀬川 佐々美] (Sasasegawa Sasami) –Voiced by:  Sora Tokui




Saat Riki ditunjuk—oleh Kyousuke—untuk menjadi ketua Litte Busters!, Riki merasa tidak sanggup. Tapi berkat dorongan dari Haruka, Mio, Komari, Kud dan Yui-chan—panggilan yang dibuat Komari untuk Kurugaya—akhirnya Riki bisa mengambil keputusan sebagai Ketua.

Di anime ini kita dapat mengambil banyak pelajaran berharga mengenai persahabatan dan kepercayaan.





Dan yang menariknya cerita juga diselingi beberapa adegan konyol. Aku sarankan kalian untuk menontonnya.



   Ini salah satunya! 

Tapi, mungkin akan sedikit menggelikan melihat tingkah Kyousuke, Riki dan juga Masato yang nampak seperti orang yang memiliki hubungan romantis. Namun, berhubung aku seorang Fujoshi, itu menjadi salah satu bagian favoritku.  (>////<)




Hal yang membuatku penasaran adalah siapa pengirim surat itu, dan apa rahasia dunia yang dimaksudnya. Sepertinya hal itu akan diungkapkan di Little Buster Refain!—aku harap begitu— yang merupakan kelanjutan dari Little Busters!.
http://yuki-13.blogspot.com/
Cukup sekian. Arigatou desu ne JJJJJJJJJJJJJ
Salam dari Aya (^ω^)

Ini ada beberapa gambar Little Busters! ^_^









































Nb; gambar di dapat dari berbagai sumber


Lihat pendapat tentang anime lainnya, DI SINI

2 komentar:

  1. Bahasanya ada yg saya gk ngerti min, (´•_•`)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf tata bahasaku sedikit berantakan ^^
      Kalau boleh tahu di bagian mana yang kurang dimengerti?

      Hapus