20140519

My Think : Cantik


Cantik.



Cantik itu apa? Menurutku cantik itu tidak jelek. Hanya itu. Jika kau minta aku untuk membuat pengertian yang lebih panjang aku tidak akan melakukannya. Cantik itu hal yang sederhana, kenapa kau harus bersusah-susah mencoba mempersulit hal yang mudah? Cantik itu ya tidak jelek.

Tapi ada kok orang yang cantik hatinya! Oh ya? Sekarang menurutmu apa yang membuat sesuatu bisa disebut cantik? Karena kau melihatnya, kan? Sesederhana itu kawan. Sesuatu bisa kau nilai karena kau bisa merasakannya atau melihatnya ataupun mendengarnya. Nah, bagaimana kau bisa mengatakan kalau seseorang itu cantik hatinya? Bukankah hati itu salah satu organ di dalam tubuh manusia? Lalu bagaimana kau bisa melihatnya –hingga bisa mengatakan hatinya cantik?— Bukan hati itu yang ku maksud! Lalu hati yang mana? Oh, maksudmu sesuatu yang abstrak yang selalu orang-orang sebut tapi mereka sendiri tidak mengerti dengan benar apa yang mereka sebut dengan hati itu?

Baiklah jika kau bermaksud hati itu adalah hati yang abstrak itu, bukankah lebih mudah mengatakan kalau orang itu –bukan cantik hatinya—tapi dia orang yang baik hati. Lucu sekali mendengar ada kata ‘cantik hatinya’, lalu nanti ada lagi yang namanya ‘ganteng hatinya’ gitu?
Nah ngomong-ngomong tentang cantik, sebenarnya banyak loh cewek cantik di luar sana. Tapi sayang, cewek cantik yang benar-benar cantik jumlahnya sedikit. Apapula itu cewe cantik yang benar-benar cantik? -__-

Cewek cantik yang benar-benar cantik itu yang kalau ngomong masih tetap cantik. Soalnya aku sudah sering liat cewek cantik tapi pas dia ngomong, astaga! Busuk!

Busuk?

Ya busuk, pas liat ya okelah wajahnya cantik, tapi pas dia ngomong, kata-katanya benar-benar mengerikan. Seperti tidak pernah diajari sopan santun, menggunakan kata-kata kasar, kata-kata makian, kata-kata cacian, bahkan menyebutkan nama-nama penghuni kebun binatang dan mengajukannya kepada orang lain. Yah bahasa gampangnya mulutnya penuh dengan kata-kata busuk. Nah cewek macam ini nih yang cantiknya percuma. Meskipun cantik, memangnya mau jalan sama cewek yang kalau buka mulut langsung kayak cewek zaman purba plus barbar?

Nah kalau cewek cantik yang benar-benar cantik itu saat ngomong masih tetap cantik, kata-kata yang dipilihnya bagus, punya sopan santun, tata krama, dan saat marahpun masih cantik, bahasa lainnya sih marah dengan anggun. Cewek cantik yang bisa menjaga dirinya agar tidak menjadi busuk adalah cewek cantik yang benar-benar cantik.

Lalu kau masuk tipe yang mana?
Aku? Aku yakin aku bukan tipe gadis cantik, hahahha. Aku bahkan jarang sekali melihat pantulan wajahku di cermin. Kadang aku melihat cermin hanya untuk memastikan wajahku apakah masih terlihat seperti manusia normal lainnya.

Kalau bukan tipe gadis cantik, itu artinya kau jelek?

Jelek? Yah bisa iya dan bisa tidak. Iya, karena aku yakin wajahku masih belum pantas dikatakan cantik untuk standar manusia normal. Tidak, karena aku tidak merasa wajahku semengerikan itu sampai-sampai harus disebut jelek. Kau tahu, selera orang itu berbeda-beda. Jadi bisa jadi ada sesosok manusia yang akan mengatakan dengan lantang bahwa aku adalah gadis tercantik yang pernah dilihatnya, hahahaha #gelindingan#

Kau tidak serius menanggapi pertanyaanku!

Aku ini adalah jenis orang yang serius dan bercanda dalam satu saat, yah kadang aku tidak bisa terlalu lama dalam mode serius. Tapi tenang saja, apapun yang aku katakan semuanya itu adalah apa yang benar-benar ada di kepalaku. Aku tidak akan mengarang-ngarang kalimat agar orang-orang menyukaiku –karena aku mengatakan apa yang mereka sukai—tapi aku akan mengatakan apa yang aku rasakan, aku pikirkan dan aku lihat tanpa membumbuinya dengan sesuatu yang lain. Aku ini orang yang jujur loh, yohohoho.

Astaga pembicaraan kita nampaknya mulai melenceng. Oke sudah dulu ya. Baibai >_<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar