20151027

902014 EXO Tao Do You Know (Original by Jo SungMo) remake by Wendy





902014 EXO Tao Do You Know
(Original by Jo SungMo) remake by Wendy


아시나요 얼마나 사랑했는지
Ashinayo… Eolmana saranghaettneunji.
Do you know… how much I loved you…
Apakah kamu tahu... betapa besar aku mencintaimu


그댈 보면 자꾸 눈물이 나서차마 그대 바라보지 못하고
Geudael bomyeon jakku nunmuri naseo chama geudaen baraboji mothago.
Because tears came out again when I saw you.
Karena air mata kembali mengalir ketika aku melihatmu.


외면해야 했던 나였음을
Waemyeon haeyahaettdeon nayeottseumeul.
I had to avoid looking at you.
Aku telah menghidar dari menatap dirimu.


아시나요 얼마나 기다렸는지
Ashinayo… eolmana gidaryeottneunji.
Do you know… how much I waited for you…
Apakah kamu mengetahuinya, berapa lama aku telah menunggumu.


그대 오가는 길목에 숨어
Geudae oganeun geugil moge sumeo.
Hiding in the street you went on
Bersembunyi di jalan yang kau lalui.


저만치가는 뒷모습이라도마음껏 보려고 한참을 서성인 나였음을
Jomanchi ganeun dwiemoseubirado maeum kkeot boryeogo hanchameul seoseongin nayeoseumeul.
Waited long at least to look at the back of you going as much I want.
Menunggu lama untuk melihat paling tidak punggungmu sebanyak yang aku inginkan.


그런 얘기 못했냐고 물으신다면
Wae geureon yegi mothaenyago moreusindamyeon.
If you ask me why I didn’t tell you those things.
Jika kamu bertanya mengapa aku tidak memberitahumu hal ini.


가슴이 아파 아무 대답도 못하잖아요
Gaseumi apa amudaedabdo mothanjanayo.
Can’t answer nothing cause my heart aches.
Tidak dapat memberikan jawaban apapun, karena jantungku sakit.


그저 아무것도 그댄 모른채지금처럼만 기억하면되요
Geujeo amugeotdo geudae moreunchae jigeum cheoreom man gieok hamyeon dwieyo.
I just want you to remember like it is, knowing nothing,
Aku hanya ingin kamu mengingat seperti ini, tidak mengetahui apapun.


우릴 그리고
Uril geurigonal.
Us and me.
Kita dan aku.


아시나요 얼마나 힘겨웠는지
Ashinayo… eolmana himgyeoweottneunji.
Do you know… How hard it was…
Apakah kamu tahu... betapa sulitnya


하고 싶은 말이 너무 많아서
Hago sipeun mari neomu mannaseo.
I got so much to say.
Aku memiliki banyak hal yang ingin kukatakan.


듣지 못하는 병이라도 들면그땐 말해 있을까요
Deudji mothaneun byeongirado deulmyeon geudaen marhae bolsu isseulkayo.
Maybe I could say them if I become unable to hear.
Mungkin aku dapat mengatakannya jika aku menjadi tuli.


모르셨죠 이렇게 아픈 마음끝내 모르셔도 괜찮아요
Moreusyeottjyo ireohke apeun mae maeum kkeutnae moreusyeodo nan gwaenchanayo.
You didn’t know? I’m fine even if you don’t know my suffering heart till the end.
Tidakkah kau tahu? Aku baik-baik saja bahkan jika hingga akhir kamu tidak mengetahui hatiku yang menderita.


그댈 향한 그리움의 힘으로 살아왔던거죠
Geudael hyanghan geuriume himeuro sarawattdeon geojyo.
I lived with power of longing for you.
Aku hidup dengan kekuatan kerinduan untukmu.


그대가 없으면 나도 없죠
Geudaega eobseumyeon nado eobtjyo.
If you don’t exist, I don’t exist.
Jika dirimu tidaklah hidup, aku pun begitu.


번을 다시 태어나고 다시 떠나도
Myeotboneul dashi taeeonago dashi tteonado.
No matter how many times I get born again and leave again.
Tidak perduli berapa kali aku terlahir lagi dan pergi (menginggal) lagi.


그댈 만났던 이세상 만한 곳은 없겠죠
Geudael manattdeon i sesang manhan goseun eobgettjyo.
There won’t be a world like this one where I met you.
Tidak akan ada dunia yang seperti ini dimana aku bertemu denganmu.


여기 이세상이 아름다운 건그대가 머문 흔적들 때문에 아마
Yegi i sesangi areumdawun geon geudaega meomun heunjeokdeul ttaemune ama.
This world is beautiful probably because it has your traces.
Dunia ini indah mungkin karena ada jejakmu.


슬픈 오늘이 같은 하늘 아래 그대와 내가 함께 서있는 마지막 날인걸
Seulpeun oneuri gateun haneul arae geudaewa naega hamkke seo ittneun majimak narin geol.
Sad today is the last day you and me standing together under the same sky.
Hari ini menyedihkan karena ini adalah hari terakhir dirimu dan aku berdiri bersama di bawah langit yang sama.


그대 아시나요
Geudaen ashinayo.
Do you know…
Apakah kamu tahu...



Hangul, Romaji, English Translation Cr: heeyoungchoi.wordpress.com
Terjemah Bahasa Indonesia : Aergia Karayya
Catatan : terjemahan ke bahasa indonesia dilakukan dengan menerjemahkan bahasa inggris (bahasa inggris èbahasa indonesia, bukan hangul èindonesia). Apabila ada kesalahan, harap beritahukan, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar